Pengertian Manajemen Pemasaran
Penanganan proses pertukaran memerlukan analisa,
perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian. Disinilah pentingnya Manajemen Pemasaran.
Menurut (Basu Swastha dan Irawan, 2000:7) Manajemen Pemasaran adalah
penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang
ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud
untuk mencapai tujuan organisasi.
Sedangkan menurut (Kotler, 2002:14) Manajemen Pemasaran
adalah seni dan ilmu untuk memilih pasar
sasaran serta mendapatkan, mempertahankan dan menambah jumlah pelanggan melalui
penciptaan, penyampaian dan pengkomunikasian nilai pelanggan yang unggul.
Menurut (Buchari Alma, 2007:130) manajemen pemasaran adalah
merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan
ataupun bagian dipemasaran.
Menurut (Lupiyo Adi, 2006:6) dikatakan bahwa manajemen
pemasaran adalah suatu analisis, perencana, pelaksanaan serta kontrol
program-program yang telah direncanakan dalam hubungannya dengan
pertukaran-pertukaran yang diinginkan terhadap konsumen yang dituju untuk
memperoleh keuntungan pribadi maupun bersama.
Post a Comment for " Pengertian Manajemen Pemasaran"