Promosi
Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang
merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi
dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia
menerima, membeli dan loyal terhadap produk yang ditawarkan perusahaan yang
bersangkutan (Buchari Alma, 2007:79).
Sedangkan menurut (Kotler dan Armstrong, 2008:68) promosi
adalah aktivitas yang menkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan
sasaran untuk membelinya.
Menurut (Basu Swastha, 2000:349) promosi adalah info atau
persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi
kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dan pemasaran.
Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa promosi
merupakan segala bentuk komunikasi satu arah yang digunakan untuk
menginformasikan, membujuk atau mengingatkan orang-orang tentang produk yang
dihasilkan organisasi, individu ataupun
rumah tangga untuk
menciptakan pertukaran dalam
pemasaran. Menurut (Stanton, 2000:5) promosi terdiri atas lima unsur
atau metode promosi, diuraikan sebagai berikut :
1. Periklanan
(Advertising)
Periklanan adalah semua bentuk penyajian nonpersonal dan
promosi ide, promosi barang atau jasa yang dilakukan oleh sponsor yang dibayar.
2. Promosi Penjualan
(Sales Promotion)
Promosi penjualan adalah variasi insentif jangka pendek
untuk merangsang pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa.
3. Hubungan
Masyarakat dan Publisitas (Public Relation and Publicity) Hubungan masyarakat
adalah suatu usaha
(variasi) dari rancangan program guna
memperbaiki,
mempertahankan, atau melindungi perusahaan atau
citra produk. Publisitas adalah
suatu komunikasi promosional tentang
perusahaan atau produk
yang dihasilkan perusahaan, yang
disajikan melalui media, akan tetap tidak dibayar oleh sponsor atau perusahaan.
4. Penjualan Pribadi
(Personal Selling)
Penjualan pribadi atau tatap muka adalah penyajian lisan
dalam suatu pembicaraan dengan satu atau beberapa pembeli potensial dengan
tujuan untuk melakukan penjualan.
5. Pemasaran
Langsung (Direct Marketing)
Komunikasi secara langsung yang digunakan dari mail,
telepon, fax, e- mail, atau internet untuk mendapatkan tanggapan langsung dari
konsumen secara jelas.
Menurut (Dharmamesta, 2002:280) tujuan promosi dalam
perusahaan, yaitu :
1. Modifikasi
tingkah laku
Dengan promosi perusahaan berusaha menciptakan kesan yang
baik tentang dirinya dan dengan demikian bisa merubah tingkah laku serta
pendapat konsumen tentang produk perusahaan sehingga mendorong pembelian
produk.
2. Memberitahu
Kegiatan promosi dilakukan untuk memberitahu pasar yang
dituju tentang penawaran perusahaan perihal suatu produk.
3. Membujuk
Diarahkan terutama untuk mendorong pembelian, sering
perusahaan tidak ingin mendapat tanggapan instan dari konsumen, tetapi lebih
mengutamakan kesan positif.
4. Mengingatkan
Promosi ini dilakukan
terutama untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa produk perusahaan masih ada
dipasaran.
Post a Comment for "Definisi dan Tujuan Promosi"