Definisi dan Jenis-jenis Dividen

 Dividen

Investasi dalam bentuk saham akan memberikan dua jenis keuntungan kepada investor, yaitu keuntungan berupa dividen dan capital gain. Capital gain adalah selisih antara harga jual dan beli saham, sedangkan dividen adalah pembagian kentungan perusahaan kepada para pemegang saham.

Stice, et al. (2005) mengartikan dividen sebagai pembagian laba kepada para pemegang saham perusahaan yang sebanding dengan jumlah saham yang dipegang oleh masing-masing pemilik, sedangkan menurut (Hin, 2001 dalam Destiana, 2011) dividen adalah pembagian keuntungan kepada pemegang saham yang besarnya ditentukan oleh para pemegang saham pada saat berlangsungnya RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Dari pengertian-pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa, dividen adalah pembagian laba perusahaan kepada para pemegang saham yang besarnya telah ditentukan dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) sesuai dengan proporsi saham yang dimiliki. 


Jenis-Jenis Dividen

Terdapat beberapa jenis dividen yang dapat dibayarkan kepada para pemegang saham, tergantung pada posisi dan kemampuan perusahaan bersangkutan. Berikut jenis-jenis dividen menurut Brigham dan Houtston (2004):

Dividen Tunai (Cash Dividend)

Dividen tunai adalah dividen yang diberikan emiten kepada pemegang saham dalam bentuk uang tunai. Pada umumnya cash dividend lebih disukai oleh para pemegang saham dibandingkan dengan dividen lainnya.

Dividen Saham (Stock Dividend)

Dividen saham adalah dividen yang dibayarkan perusahaan dalam bentuk saham, sehingga jumlah saham perusahaan menjadi bertambah.

Dividen Properti (Property Dividend)

Property dividend adalah dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham yang dibayarkan dalam bentuk aktiva selain kas.

Scrip Dividend

Scrip Dividend adalah dividenyang dibayarkan dalam bentuk surat (scrip) janji hutang. Perusahaan akan membayar dalam jumlah tertentu dan pada waktu tertentu, sesuai dengan yang tercantum dalam Scrip tersebut.

Dividen Likuidasi (Liquidating Dividend)

Liquidating dividend adalah dividen yang dibagikan berdasarkan pengurangan modal perusahaan, bukan berdasarkan keuntungan yang diperoleh perusahaan. 


Post a Comment for " Definisi dan Jenis-jenis Dividen"