Seputar Pengertian Dan Fungsi Dari Supervisi pendidikan. Supervisi pendidikan dalam pengertian secara makro adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana membina sumber daya manusia yang ada pada pelaksana pendidikan (guru) untuk ditata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sesuai kesepakatan bersama dan dijalankan oleh supervisor pendidikan (Kepala Sekolah).
Langkah-langkah Supervisi Pendidikan
Supervisi pendidikan mencakup kegiatan pengamatan, pengawasan, dan pembinaan terhadap sumber dayamanusia. Dalam keterangan diatas supervisi pendidikan memposisikan diri sebagai suatu keseluruhan proses kerjasama antara kepala sekolah dan guru dalam mengelola sumber daya manusia guna meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
Fungsi utama supervisi pendidikan adalah mengembangkan situasi belajar mengajar menjadi lebih baik melalui beberapa pembinaan dan peningkatan profesi belajar. Dengan pemberian bimbingan diharapkan guruyang disupervisi mampu meningkatkan mutu dan kualitas pengajarannyamenjadi lebih baik. Fungsi dan pelaksanaan supervisi pendidikan tersebutmerupakan suatu ketentuan yang diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan yang lebih produktif. Yang mana kriteria keberhasilan sebuahsupervisi pendidikan dilihat dari keberhasilan guru dalam meningkatkan produktifitas sumber dayanya guna menjadi guru yang profesional.
Sumber Referensi
http://www.academia.edu/4504605/SUPERVISI_PENDIDIKAN
.
Langkah-langkah Supervisi Pendidikan
- Melaksanakan pertemuan pendahuluan yakni menciptakan suasana kekeluargaan yang intim antara guru dengan supervisor agar komunikasi selama kegiatan dapat berlangsungsecara efektif, serta membuat kesepakatan antara guru dengan supervisor tentang aspek proses belajar-mengajar yang akan dikembangkan dan ditingkatkan;
- Perencanaan oleh guru dan supervisor yakni membuat perencanaan pelaksanaan observasi secara bersamaan;
- Pelaksanaan pelatihan mengajar dan observasi yang mana guru sedang melakukan proses pembelajaran sedang supervisor melakukan pengamatan secara cermat, dengan menggunakan instrument observasi;
- Mengadakan analisis data, dalam hal ini supervisor mengajak guru untuk mendiskusikan apa yang telah dilaksanakan oleh guru waktu melakukan proses pembelajaran dikelas;
- Dengan Cara diskusi untuk memberikan umpan balik yang bertujuan untuk memberikan umpan balik atas apa yang telah dilakukan oleh supervisor kepada guru yang sedang berlatih mengajar meningkatkan ketrampilannya dan pelaksanaan langkah pemberian umpan balik sebaiknya dilakkukan secara obyektif dan segera.
Supervisi pendidikan mencakup kegiatan pengamatan, pengawasan, dan pembinaan terhadap sumber dayamanusia. Dalam keterangan diatas supervisi pendidikan memposisikan diri sebagai suatu keseluruhan proses kerjasama antara kepala sekolah dan guru dalam mengelola sumber daya manusia guna meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
Fungsi utama supervisi pendidikan adalah mengembangkan situasi belajar mengajar menjadi lebih baik melalui beberapa pembinaan dan peningkatan profesi belajar. Dengan pemberian bimbingan diharapkan guruyang disupervisi mampu meningkatkan mutu dan kualitas pengajarannyamenjadi lebih baik. Fungsi dan pelaksanaan supervisi pendidikan tersebutmerupakan suatu ketentuan yang diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan yang lebih produktif. Yang mana kriteria keberhasilan sebuahsupervisi pendidikan dilihat dari keberhasilan guru dalam meningkatkan produktifitas sumber dayanya guna menjadi guru yang profesional.
Sumber Referensi
http://www.academia.edu/4504605/SUPERVISI_PENDIDIKAN
.
Post a Comment for "Seputar Pengertian Dan Fungsi Dari Supervisi Pendidikan"