A. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Di era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, penyebaran informasi serta akses telekomunikasi dan transportasi semakin lebih cepat dan mudah. Tidak dapat dipungkiri hal tersebut secara langsung maupun tidak langsung mempunyai dampak bagi masyarakat, baik berdampak positif atau negatif. Dampaknya tidak terbatas terhadap kalangan tertentu saja, namun telah meluas ke semua kalangan baik kalangan terpelajar maupun bukan kalangan terpelajar.
Di era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan menjadikan internet sebuah kebutuhan dan aktivitas tetap manusia sebagai anggota masyarakat. Selain menjadi tuntutan profesi, pengembangan ilmu pengetahuan, berita, dan hiburan, menggunakan internet juga menjadi cara alternatif seseorang untuk berinteraksi sebagai makhluk sosial.
Banyak aplikasi dan situs di internet yang berkembang pesat saat ini diantaranya facebook. Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang menyediakan media bagi para penggunanya untuk saling bertukar informasi dan berinteraksi. Facebook diluncurkan pertama kali pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard University, Mark Zuckerberg. Pengguna facebook dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan kota, lokasi kerja, sekolah maupun negara. Jaringan-jaringan ini kemudian akan menghubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil pribadi.
Facebook mempunyai fitur yang kaya dan penggunanya yang banyak di kalangan remaja, banyak yang berpendapat bahwa facebook dapat dioptimalisasikan untuk mendukung pengembangan proses pembelajaran untuk siswa yaitu sebagai salah satu media belajar dan mengajar. Dalam interaksi antar guru dan siswa, media berfungsi sebagai alat pendukung kegiatan belajar mengajar dan hambatan komunikasi yang mungkin meningkat dalam proses belajar mengajar seperti kesalahpahaman, kurang konsentrasi dan tidak memahami materi yang disampaikan dapat diminimalisir dengan menggunakan media facebook dalam kegiatan belajar mengajar.
Inovasi (innovation) ialah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invention maupun diskoveri. Inovasi diadakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah tertentu.
Jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan universitas negeri jakarta menggunakan facebook sebagai media pada matakuliah difusi inovasi pendidikan. Penggunaan facebook sebagai media pendidikan ini dianggap sebuh inovasi dalam pembelajaran.
Penulis meneliti apakah penggunaan media facebook pada matakuliah difusi inovasi pendidikan merupakan sebuah inovasi atau bukan.
Pertanyaan Survei
1. Berapa jumlah responden ( mahasiswa TP ) yang menjawab dan yang tidak menjawab.
2. Berapakah responden (mahasiswa TP) yang menjawab YES ( forum group discussion idp merupakan sebuah inovasi ), NO (forum group discussion idp bukan merupakan sebuah inovasi ), atau YES dan NO ( forum group discussion idp merupakan sebuah inovasi dan bukan sebuah inovasi )?
3. Alasan responden (mahasiswa TP) yang menjawab YES ( forum group discussion idp merupakan sebuah inovasi ), NO (forum group discussion idp bukan merupakan sebuah inovasi ), atau YES dan NO ( forum group discussion idp merupakan sebuah inovasi dan bukan sebuah inovasi )?
Tujuan dan Manfaat
Tujuan diadakannya survei ini adalah untuk mengetahui apakah forum group discussion idp merupakan sebuah inovasi atau tidak.
Adapun manfaad dari survei ini adalah
1. Untuk mengetahui apakah group discussion idp merupakan sebuah inovasi atau tidak.
Responden
Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa reguler jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan yang tergabung dalam group di facebook “ DIP REG 2010”
B. HASIL PENELITIAN
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan kepada mahasiswa reguler jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan yang tergabung dalam group di facebook “ DIP REG 2010”, di dataptkan data sebagai berikut:
Gambar 1
Berdasarkan data pada gambar 1, jumlah mahasiswa reguler jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan yang tergabung dalam group di facebook “ DIP REG 2010”, yang menjawab pertanyaan ada 24 mahasisw dan yang tidak menjawab ada 9 mahasiswa.
Gambar 2
Berdasarkan data pada gambar 2. Dari jumlah mahasiswa yang menjawab pertanyaan, terdapat 9 mahasiswa yang menjawab YES ( forum group discussion idp merupakan sebuah inovasi ), tidak ada mahasiswa yang menjawab NO (forum group discussion idp bukan merupakan sebuah inovasi ), dan terdapat 15 mahasiswa YES dan NO ( forum group discussion idp merupakan sebuah inovasi dan bukan sebuah inovasi )
Gambar 3
Berdasarkan data pada gambar 3. Dari jumlah mahasiswa yang menjawab pertanyaan, terdapat 37,50% mahasiswa yang menjawab YES ( forum group discussion idp merupakan sebuah inovasi ), 0 % yang menjawab NO (forum group discussion idp bukan merupakan sebuah inovasi ), dan 62,50 % mahasiswa YES dan NO ( forum group discussion idp merupakan sebuah inovasi dan bukan sebuah inovasi )
Gambar 4
Berdasarkan data pada gambar 4. Dari jumlah mahasiswa yang menjawab pertanyaan, 15 mahasiswa yang memilih yes dan no memberikan alasan inovasi karena mengacu pada definisi rogers dan tidak inovasi karena mengacu pada definisi reigeluth. 9 mahasiswa yang memilih yes karena mengecu pada definisi inovasi menurut rogers dan reigeluth.
C. PEMBAHASAN
Inovasi yang dikemukakan oleh Charless Reigeluth adalah suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai suatu tujuan tertentu dimana hal ini dilakukan untuk memperbaiki sistem yang telah ada sebelumnya dengan melibatkan berbagai aspek agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Reigeluth juga mengemukakan tentang teori elaborasi pada tahun 1970-an. Teori elaborasi menurutnya adalah teori mengenai desain pembelajaran dengan dasar argumen bahwa pelajaran harus diorganisasikan dari materi yang sederhana menuju pada harapan yang kompleks dengan mengembangkan pemahaman pada konteks yang lebih bermakna sehingga berkembang menjadi ide-ide yang terintegrasi. Definisi inovasi menurut Reigeluth “inovasi adalah suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai suatu tujuan tertentu”
Berdasarkan data yang penulis ambil dari mahasiswa reguler jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan yang tergabung dalam group di facebook “ DIP REG 2010” pada tanggal 4 meret 2012 jam 22.50.
Dari 33 mahasiswa reguler jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan yang tergabung dalam group di facebook “ DIP REG 2010”, Terdapat 24 mahasiswa yang menjawab pertanyaan mengenai apakah forum group discussion idp sebagai sebuah inovasi. Dan terdapat 9 mahasiswa yang tidak menjawab.
Dari jumlah mahasiswa yang menjawab pertanyaan, terdapat 9 mahasiswa yang menjawab YES ( forum group discussion idp merupakan sebuah inovasi ), tidak ada mahasiswa yang menjawab NO (forum group discussion idp bukan merupakan sebuah inovasi ), dan terdapat 15 mahasiswa YES dan NO ( forum group discussion idp merupakan sebuah inovasi dan bukan sebuah inovasi ). 9 mahasiswa yang menjawab yes memberikan alasan forum group discussion idp merupakan sebuah inovasi karena sesuai dengan teori inovasi menurut rogers dan Reigeluth. 15 mahasiswa yang menjawab yes dan no memberikan alasan forum group discussion idp merupakan sebuah inovasi karena sesuai dengan definisi inovasi menurut rogers dan forum group discussion idp bukan sebuah inovasi karena mengacu pada teori inovasi menurut Reigeluth.
D. KESIMPULAN
Berdasarkan data yang penulis ambil dari mahasiswa reguler jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan yang tergabung dalam group di facebook “ DIP REG 2010” pada tanggal 4 meret 2012 jam 22.50. dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Facebook dalam Forum Group Discussion IDP Sebagai Sebuah Inovasi jika mengacu pada definisi inovasi menurut rogers. Penggunaan Facebook dalam Forum Group Discussion IDP bukan Sebagai Sebuah Inovasi jika mengacu pada definisi inovasi menurut Reigeluth.
DAFTAR PUSTAKA
Post a Comment for "Penggunaan Facebook dalam Forum Group Discussion IDP Sebagai Sebuah Inovasi"