Definisi dan Tujuan Promosi

 Promosi

Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal terhadap produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan (Buchari Alma, 2007:79).

Sedangkan menurut (Kotler dan Armstrong, 2008:68) promosi adalah aktivitas yang menkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya.

Menurut (Basu Swastha, 2000:349) promosi adalah info atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dan pemasaran.

 

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa promosi merupakan segala bentuk komunikasi satu arah yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk atau mengingatkan orang-orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu ataupun   rumah   tangga   untuk   menciptakan   pertukaran   dalam   pemasaran. Menurut (Stanton, 2000:5) promosi terdiri atas lima unsur atau metode promosi, diuraikan sebagai berikut :

 

1.   Periklanan (Advertising)

Periklanan adalah semua bentuk penyajian nonpersonal dan promosi ide, promosi barang atau jasa yang dilakukan oleh sponsor yang dibayar.

 

2.   Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Promosi penjualan adalah variasi insentif jangka pendek untuk merangsang pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa.

 

3.   Hubungan Masyarakat dan Publisitas (Public Relation and Publicity) Hubungan  masyarakat  adalah  suatu  usaha  (variasi)  dari  rancangan program   guna   memperbaiki,   mempertahankan,   atau   melindungi perusahaan  atau  citra  produk.  Publisitas  adalah  suatu  komunikasi promosional   tentang   perusahaan   atau   produk   yang   dihasilkan perusahaan, yang disajikan melalui media, akan tetap tidak dibayar oleh sponsor atau perusahaan.

 

4.   Penjualan Pribadi (Personal Selling)

Penjualan pribadi atau tatap muka adalah penyajian lisan dalam suatu pembicaraan dengan satu atau beberapa pembeli potensial dengan tujuan untuk melakukan penjualan.

 

5.   Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Komunikasi secara langsung yang digunakan dari mail, telepon, fax, e- mail, atau internet untuk mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen secara jelas.

 

Menurut (Dharmamesta, 2002:280) tujuan promosi dalam perusahaan, yaitu :

1.   Modifikasi tingkah laku

Dengan promosi perusahaan berusaha menciptakan kesan yang baik tentang dirinya dan dengan demikian bisa merubah tingkah laku serta pendapat konsumen tentang produk perusahaan sehingga mendorong pembelian produk.

 

2.   Memberitahu

Kegiatan promosi dilakukan untuk memberitahu pasar yang dituju tentang penawaran perusahaan perihal suatu produk.

 

3.   Membujuk

Diarahkan terutama untuk mendorong pembelian, sering perusahaan tidak ingin mendapat tanggapan instan dari konsumen, tetapi lebih mengutamakan kesan positif.

 

4.   Mengingatkan

Promosi  ini dilakukan terutama untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa produk perusahaan masih ada dipasaran.

Post a Comment for "Definisi dan Tujuan Promosi"